Minggu, 31 Maret 2013

Arti Dibalik Lagu "Imagine - John Lennon"




Dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang arti atau makna lagu dari John Lennon yaitu Imagine.Lagu yang pada tahun 2004 oleh majalah Roolingstone dipilih sebagai lagu ketiga terbaik sepanjang masa.Mantan presiden AS Jimmy Carter bahkan mengatakan "Di banyak negara di seluruh dunia-saya dan istri saya telah mengunjungi sekitar 125 negara-kita dapat mendengar lagu imagine hampir sama seringnya dengan lagu kebangsaan".

Saya yakin anda sangat familiar dengan lagu milik john lennon ini.Lagu yang terasa sejuk bila di dengarkan dan juga salah satu lagu yang membuat saya merinding ketika mendengarnya.Tapi taukah anda makna yang terkandung dalam lagu ini.Banyak orang yang mengartikan lagu ini adalah lagu yang anti agama yang terlihat pada lirik "and no religion too".sama artinya dengan meniadakan agama.Meskipun tidak tegas maknanya.Dia menghendaki kita menjadi atheis dan menyokong hidup kita sendiri antar umat manusia sehingga kita bisa saling mengasihi,namun tanpa adanya Tuhan.Makna lain dia telah melihat bahwa bukan ajaran agama yang buruk melainkan agama telah dijadikan kedok dan tameng untuk menjalankan peperangan.Mungkin boleh jadi dia sangat prihatin bahkan kesal dengan konflik-konflik yang mengatas namakan agama.Lirik "and no religion true" pernah diganti oleh salah satu penyanyi berkulit hitam bernama  Cee Lo Green ketika di nyanyikan pada malam tahun baru di New York Square,lirik ini diganti dengan "and all religion true".Mungkin dia bermaksud untuk memperhalus makna liriknya,maksud hati memperhalus tapi banyak penggemar john lennon yang protes dan menghujat penyanyi tersebut.Lagu ini juga bisa bermakna pluralisme itu te terlihat pada lirik "Nothing to Kill or die for Living in peace".Memiliki semangat humanisme universal. Sama seperti halnua dengan semangat "LC"dan "RC",organisasi bentukan freemasonry,yang didedikasikan untuk dunia kemanusiaan,tanpa membedakan suku,agama,dan ras.Makna PLuralisme juga terdapat pada lirik "No need for greed or hunger"."A brotherhood of man"."Imagine all the people"."Sharing all the world".And the world will be as one.Membangun semangat persaudaraan untuk membentuk suatu dunia yang satu tanpa membedakan apapun. Kontoversi pun bermunculan mengenai arti lagu Imagine ini, dari yang menganut satanisme, doktrin dan sebagainya. Tetapi intinya saya memaknai lagu ini untuk menciptakan ketentraman dan kedamaiaan di dunia cuman filosofi dari John Lennon aja yang ekstrim.Semua itu terserah pada anda bagaimana anda memaknai lagu Imagine milik John Lennon ini.Tapi kembali lagi ke sifat umum sebuah lagu yaitu "Menghibur Pendengar Musik".


Imagine there's no heaven
Bayangkanlah tak ada surga
It's easy if you try
Mudah jika kau mau berusaha
No hell below us
Tak ada neraka di bawah kita
Above us only sky
Di atas kita hanya ada langit
Imagine all the people
Bayangkanlah semua orang
Living for today...
Hidup hanya hari ini...

Imagine there's no countries
Bayangkanlah tak ada negara
It isnt hard to do
Tidak sulit melakukannya
Nothing to kill or die for
Tak ada alasan untuk membunuh dan terbunuh
No religion too
Juga tak ada agama
Imagine all the people
Bayangkan semua orang
Living life in peace...
Menjalani hidup dalam damai...

Imagine no possesions
Bayangkan tak ada harta benda
I wonder if you can
Aku ragu apakah kau mampu
No need for greed or hunger
Tak perlu rakus atau lapar
A brotherhood of man
Persaudaraan manusia
Imagine all the people
Bayangkan semua orang
Sharing all the world...
Berbagi dunia ini

You may say Im a dreamer
Mungkin kau kan berkata aku seorang pemimpi
But Im not the only one
Namun aku bukanlah satu-satunya
I hope some day you'll join us
Kuharap suatu saat kau kan bergabung dengan kami
And the world will live as one
Dan dunia akan bersatu

15 komentar:

  1. masih kagak jelas nih maknanya

    BalasHapus
  2. Bagaimanapun aku suka lagunya.
    Penting x bertikai gara gara masih gak ngerti soal maknanya .
    Kalo mau tau makna sebenarnya ya tanyakan aja sama penulisnya.
    intinya sang penulis menginginkan perdamaian dunia tanpa ada peperangan berkedok agama, ras, suku, apapun itu. Subhanallah .

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sekali. lagu ini lagu sepanjang masa. semoga dunia selalu damai

      Hapus
  3. ini lagu sudah jelas lagu anti tuhan. atheisme

    BalasHapus
  4. Emang ini lagu anti tuhan...cuma ini lagu mentelanjangi kita yang mengenal tuhan tidak pernah menjalankan ajaran tuhan...dan memanfaatkan ajaran tuhan memecah belah..agama di manfaatkan untuk mengacau balaukqn dunia...
    Semoga kita yang beragama lebih menghargai menyayangi sesama dari pada yang tak mengenal agama

    BalasHapus
  5. Lagu ini membuat kita sadar.1 penyebab manusia berdosa adalah manusia ingin bebas. Tp ga sadar justru penyalahgunaan kebebasan yg membuat manusia jatuh dalam dosa. Lagu ini memang hanya hayalan yg ga mgkn terwujud. Krn manusia ga sadar. Dosa itu akibat perbuatan manusia sendiri. Ga perlu salahkan agama,salahkan negara.salahkan Tuhan. Ga bs damai krn dosa penyalahgunaan kebebasan dari diri manusia sendiri.

    BalasHapus
  6. Lagu ini membuat kita sadar.1 penyebab manusia berdosa adalah manusia ingin bebas. Tp ga sadar justru penyalahgunaan kebebasan yg membuat manusia jatuh dalam dosa. Lagu ini memang hanya hayalan yg ga mgkn terwujud. Krn manusia ga sadar. Dosa itu akibat perbuatan manusia sendiri. Ga perlu salahkan agama,salahkan negara.salahkan Tuhan. Ga bs damai krn dosa penyalahgunaan kebebasan dari diri manusia sendiri.

    BalasHapus
  7. Logika aja gan dipakai judulnya imagine kn?sdh jls sih pencipta mengajak kita untuk berfantasi ....trus kn disetiap lirik ada kata bayangkanlah...nhh so what??? Mlh bawa bawa agama...nh truss klo si penyanyi gk beragama masalah buat loe?? Atur dulu diri loe sendiri...ini adalh krya seni

    BalasHapus
  8. kalo aja, pada lebih ngerti tentang ideologi anarkisme, pasti bakal lebih paham makna lagu "imagine"
    But Im not the only one..
    I hope some day you'll join us :)

    BalasHapus
  9. Copy paste artikel orang lain ini mah

    BalasHapus
  10. Pantesan jd lagu wajib 666. Nadanya aja yg dibikin sedih, liriknya menyesatkan n mengajak qt bergabung dgn mereka. Setan tu menggoda dgn cara awal qt diajak "membayangkan". Istighfar..! Gk ada membunuh n terbunuh..? Hellooooo.., situ Tuhan ya? Dasar setan loe...

    BalasHapus
  11. Imagine free, then you will understand that you never free

    BalasHapus
  12. Menurut w sih ...ini lagu maknanya sebuah sindiran buat kita yg ber agama guys..orang yang tidak punya agama aja menginginkan perdamaian..apalagi kita..
    Jadi sudah seharusnya kita tidak saling membenci sesama kita manusia yg beda ras,suku,agama atau yg tidak beragama sekalipun.ambil positifnya aja...karya seni itu tidak akan pernah bisa d artikan kecuali sang penulis itu sendir

    BalasHapus